Sobat muda, jika membahas tentang kekayaan
Indonesia pasti banyak sekali bukan? Salah satunya adalah Batik. Batik adalah
kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk
lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik berasal dari kata amba dan tik yang
merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik. Kalau jaman dulu
disebutnya ambatik. Batik adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia
yang diakui oleh UNESCO sejak 2 oktober 2009 lalu sebagai salah satu Warisan
(dunia) Non Benda. Seharusnya, predikat tersebut membuat kita bangga karena batik tidak hanya populer
di Indonesia, melainkan juga mulai dikenal hingga ke seluruh dunia.
Bangga Menggunakan Batik via Pemudapedia.com |
Berbicara tentang batik, di Indonesia, ada
berbagai macam batik yang biasanya dibedakan berdasarkan daerah asalnya atau
motifnya. Salah satunya adalah Batik
Cirebon. Brand batik Cirebon yang terkenal adalah BT Batik Trusmi. BT Batik Trusmi adalah sebuah brand yang
ingin mengomunikasikan kekayaan budaya lokal nusantara. Visi ini digagas oleh owner muda
yang mempunyai kepedulian dan idealisme yang tinggi dalam berkontribusi untuk
memajukan daerahnya. Bahkan untuk mengkerucutkan ide besar topik pesan
komunikasi tersebut, maka BT Batik
Trusmi menjadikan satu frasa tematik BT, yaitu “BT Always Batik”. BT Always Batik diangkat untuk
mengomunikasikan bahwa batik dapat dipakai oleh siapa saja, di mana saja, dan
kapan saja. Komunikasi ini bertujuan untuk menghapuskan persepsi umum bahwa
batik hanya dipakai oleh kalangan strata atas di tempat dan waktu yang formal
saja. Batik adalah warisan budaya bangsa yang merupakan cerminan dari keindahan
yang bisa dikenakan oleh siapa pun dalam setiap kesempatan dan momen
sehari-hari. Ini menjadi suatu momentum bagi BT yang hadir dengan
keindahan baru dalam balutan semangat kecintaan budaya Indonesia. Bahkan untuk sebuah tagline yang dapat
merepresentasikan muatan profil yang ingin ditonjolkan oleh BT mengenai segmen
produk yang tidak hanya terbatas pada batik saja, tapi juga oleh-oleh khas
Cirebon lainnya seperti aksesoris dan makanan ringan. Dari ringkasan ragam
produk yang ditawarkan itulah akhirnya muncul kata “Terbesar dan Terlengkap”
yang bermakna bahwa BT merupakan pusat destinasi produk-produk buah tangan khas
lokal yang paling terbesar dan terlengkap di Cirebon.
BT Batik Trusmi via btbatiktrusmi.com |
Dalam rangka memperingati hari batik nasional yang
diperingati setiap tanggal 2 okober, kami mengajak kepada sobat muda untuk mulai bangga menggunakan batik. Batik adalah “Pesona Indonesia” dan “Wonderful Indonesia” yang bisa kita
jadikan sarana untuk mengkomunikasikan Indonesia diseluruh dunia. Sebagai contoh
adalah Desa Batik Trusmi di Cirebon. Desa itu menjadi salah satu wisata Cirebon yang bisa menjadi tempat
untuk mempromosikan batik Indonesia
kepada dunia.
Pesona Indonesia via www.kemenpar.go.id |
Terakhir, mari kita cintai produk-produk
dalam negeri. Kalau kita ingin negara ini lebih maju, kita wajib mencintai
produk-produk dalam negeri. Buktikan dengan membeli dan menggunakan
produk-produk tersebut. Dengan membeli batik, kamu juga akan turut menggerakkan
roda ekonomi di negara ini. Jangan khawatir, Batik juga bisa membuat sobat muda
tampil lebih keren dan elegan. Kalau dulu, batik sering diidentikkan dengan
orang-orang tua, kuno, dan ketinggalan zaman. Tapi sekarang, seiring dengan
perkembangan zaman dan fashion. Batik bertransformasi menjadi fashion items yang modern dan gaya. Lihat
saja, tidak hanya kalangan pejabat yang gemar pakai batik. Melainkan, semakin
banyak anak muda termasuk artis yang juga hobi pakai batik. Itu karena batik
modern, mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan, batik sering dijadikan
sebagai tema utama dalam pagelaran fashion show, baik yang berskala nasional
maupun internasional.
2 Comments
Aku juga suka pakai kain batik. Salam kenal ya kak.
Salam kenal juga, trims ya sudah berkunjung :)
EmoticonEmoticon