Batik Lebih Baik, Lebih Baik Batik

Sobat muda, jika membahas tentang kekayaan Indonesia pasti banyak sekali bukan? Salah satunya adalah Batik. Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik berasal dari kata amba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik. Kalau jaman dulu disebutnya ambatik. Batik adalah warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang diakui oleh UNESCO sejak 2 oktober 2009 lalu sebagai salah satu Warisan (dunia) Non Benda. Seharusnya, predikat tersebut membuat  kita bangga karena batik tidak hanya populer di Indonesia, melainkan juga mulai dikenal hingga ke seluruh dunia.
Bangga Menggunakan Batik via Pemudapedia.com
Berbicara tentang batik, di Indonesia, ada berbagai macam batik yang biasanya dibedakan berdasarkan daerah asalnya atau motifnya. Salah satunya adalah Batik Cirebon. Brand batik Cirebon yang terkenal adalah BT Batik Trusmi. BT Batik Trusmi adalah sebuah brand yang ingin mengomunikasikan kekayaan budaya lokal nusantara. Visi ini digagas oleh owner muda yang mempunyai kepedulian dan idealisme yang tinggi dalam berkontribusi untuk memajukan daerahnya.  Bahkan untuk mengkerucutkan ide besar topik pesan komunikasi tersebut, maka  BT Batik Trusmi menjadikan satu frasa tematik BT, yaitu “BT Always Batik”. BT Always Batik diangkat untuk mengomunikasikan bahwa batik dapat dipakai oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Komunikasi ini bertujuan untuk menghapuskan persepsi umum bahwa batik hanya dipakai oleh kalangan strata atas di tempat dan waktu yang formal saja. Batik adalah warisan budaya bangsa yang merupakan cerminan dari keindahan yang bisa dikenakan oleh siapa pun dalam setiap kesempatan dan momen sehari-hari. Ini menjadi suatu momentum bagi BT  yang hadir dengan keindahan baru dalam balutan semangat kecintaan budaya Indonesia. Bahkan untuk  sebuah tagline yang dapat merepresentasikan muatan profil yang ingin ditonjolkan oleh BT mengenai segmen produk yang tidak hanya terbatas pada batik saja, tapi juga oleh-oleh khas Cirebon lainnya seperti aksesoris dan makanan ringan. Dari ringkasan ragam produk yang ditawarkan itulah akhirnya muncul kata “Terbesar dan Terlengkap” yang bermakna bahwa BT merupakan pusat destinasi produk-produk buah tangan khas lokal yang paling terbesar dan terlengkap di Cirebon.
BT Batik Trusmi via btbatiktrusmi.com
Dalam rangka  memperingati hari batik nasional yang diperingati setiap tanggal 2 okober, kami mengajak kepada sobat muda untuk mulai bangga menggunakan batik. Batik adalah “Pesona Indonesia” dan “Wonderful Indonesia” yang bisa kita jadikan sarana untuk mengkomunikasikan Indonesia diseluruh dunia. Sebagai contoh adalah Desa Batik Trusmi di Cirebon. Desa itu menjadi salah satu wisata Cirebon yang bisa menjadi tempat untuk mempromosikan batik Indonesia kepada dunia.
Pesona Indonesia via www.kemenpar.go.id
Terakhir, mari kita cintai produk-produk dalam negeri. Kalau kita ingin negara ini lebih maju, kita wajib mencintai produk-produk dalam negeri. Buktikan dengan membeli dan menggunakan produk-produk tersebut. Dengan membeli batik, kamu juga akan turut menggerakkan roda ekonomi di negara ini. Jangan khawatir, Batik juga bisa membuat sobat muda tampil lebih keren dan elegan. Kalau dulu, batik sering diidentikkan dengan orang-orang tua, kuno, dan ketinggalan zaman. Tapi sekarang, seiring dengan perkembangan zaman dan fashion. Batik bertransformasi menjadi fashion items yang modern dan gaya. Lihat saja, tidak hanya kalangan pejabat yang gemar pakai batik. Melainkan, semakin banyak anak muda termasuk artis yang juga hobi pakai batik. Itu karena batik modern, mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan, batik sering dijadikan sebagai tema utama dalam pagelaran fashion show, baik yang berskala nasional maupun internasional.



2 Comments

Aku juga suka pakai kain batik. Salam kenal ya kak.

Salam kenal juga, trims ya sudah berkunjung :)


EmoticonEmoticon